[FromYG] Mengenai Album Solo Taeyang

Translated by TaeyangINA
Originally posted on YG-Life
a
fromyg_title12
Apakah ini full album?
Benar. Ini adalah full album kedua dari Taeyang yang berjudul “RISE” dengan total sembilan lagu. Full album pertamanya sejak ablum “SOLAR” yang dirilis empat tahun lalu pada 1 Juli 2010.
a
Apa yang bisa Anda ceritakan tentang title song-nya?
Taeyang ikut berperan dalam menggubah dan menulis beberapa lagu di album keduanya ini, tapi title song “Eyes, Nose, Lips” merupakan hasil produksi produser utama YG, yaitu Teddy dan Dee.P.
a
Beberapa tahun terakhir ini, hampir semua artis YG memilih dan mempromosikan dua atau tiga title song. Lalu, apakah alasan memilih hanya satu title song untuk album terbaru  Taeyang?
Sebenarnya hampir semua lagu di album kedua Taeyang ini dianggap sebagai title song dalam bentuk yang berbeda. Memilih beberapa title song merupakan keputusan yang paling sulit. Karena itulah kami memilih “Eyes, Nose, Lips” menjadi satu-satunya title song dan memutuskan untuk fokus pada lagu ini dan mempromosikannya lebih awal.
Kami menawarkan Taeyang untuk turut berperan dalam proses produksi album solonya empat tahun lalu dan akhir tahun lalu, saat albumnya sudah hampir rampung, kami hendak membuat track #8 “Let Go”, track #3 “1AM”, dan track #5 “Beautiful (Body) menjadi title song.

Akan tetapi, Taeyang sangat ingin bekerja lebih lanjut untuk albumnya dan YG pun menjadi ikut terlibat sejak akhir tahun lalu. Hasilnya, kami menambahkan track #7 “This Ain’t It”, track #4 “Stay With Me” featuring G-Dragon, dan juga “Eyes, Nose, Lips” — yang pada akhirnya menjadi title song untuk album ini.
Seperti yang kami katakan sebelumnya, setiap kali sebuah lagu baru ditambahkan, lagu itu selalu saja istimewa untuk menjadi title song, tapi “Eyes, Nose, Lips” menjadi title song karena saat Taeyang menyanyikan baris pertama dari lagu tersebut,  terasa bahwa lagu itu sungguh kuat hingga rencana kami yang sudah bertahun-tahun pun lenyap begitu saja.
Kegembiraan itu sampai kepada saya saat saya menontonnya rekaman. Saya bahkan menyarankan, “Young Bae, bagaimana jika kita membuat MV yang seperti ini untuk lagu ini?” Ini merupakan kali pertama saya mengajukan ide untuk sebuah MV artis YG sejak MV “Break Away” dari BIGMAMA sebelas tahun lalu. Sebegitu sukanyalah saya pada “Eyes, Nose, Lips”.
Dari lagu “Look Only At Me” sampai lagu terbarunya “Ringa Linga”, lagu-lagu title song Taeyang selalu diiringi koregrafi, tapi “Eyes, Nose, Lips” adalah lagu R&B pelan yang jauh dari tarian dan memaksimalkan kekuatan suara sentimental Taeyang. Itulah hal yang menonjol dari “Eyes, Nose, Lips”.
a
Apakah dengan hanya satu title song berarti juga hanya akan ada satu MV?
Tidak begitu. Akan ada 3 MV.
MV untuk title song “Eyes, Nose, Lips” akan dipublikasikan bersamaan dengan online album-nya pada 2 Juni pukul 12 tengah malam.
Dan, untuk MV “1AM” akan dirilis bersamaan dengan offline album-nya pada 10 Juni pukul 1AM.
Baru-baru ini kamu memutuskan untuk menambah MV untuk lagu “Beautiful (Body)”, lagu dengan tempo tercepat di album kedua Taeyang ini. MV “Beautiful (Body)” yang sedang dalam pembuatan ini disutradarai oleh Seo Hyun Seung, menandakan bahwa kemungkinan akan dirilis sekitar pertengahan bulan Juni.
a
Pesan sebagai seorang produser untuk album kedua Taeyang yang akan segera dirilis?
Di samping “Ringa Linga” yang sudah dirilis sebagai single tahun lalu, akan ada delapan lagu lain di album kedua Taeyang, termasuk intro.
Sedikit bocoran. Walaupun ada 20 lagu yang bisa masuk rekaman untuk album kedua Taeyang, kami dengan teliti memilih sembilan lagu yang sesuai keinginannya dan lebih fokus pada kualitas daripada jumlah yang banyak (quality over quantity). Tapi, semua lagunya sungguh istimewa sampai sebenarnya semua bisa menjadi title song.
Walaupun masih banyak yang ingin saya sampaikan mengenai album terbaru ini, saya rasa lebih tepat jika Taeyang sendiri yang melakukannya saat album ini sudah dirilis.
Album kedua Taeyang, kerja keras selama empat tahun yang berbuah …
Stay tuned, everyone!
Thank You.
2014.5.29
FROM YG

a
Translated by TaeyangINA
Originally posted on YG-Life

About TaeyangINA

Love & support Taeyang always
This entry was posted in news and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s