Taeyang: “Aku Adalah Penyanyi Yang Mengekspresikan Musik Lewat Tarian dan Nyanyian”

image

YG hanya memberikan foto yang disetujui oleh CEO Yang Hyun Suk. Taeyang pun tertawa dan berkata, “Mungkin itu karena kami tidak begitu tampan (atau cantik) dibandingkan artis lain.”

Q = Interviewer’s question
TY = Taeyang’s answer
– = Interviewer’s comment
Q. Saya tidak pernah melihat Anda menyanyi di atas panggung tanpa menari.
TY. Dulu, saya mengedepankan musik yang saya kuasai. Para fans menyukainya, tapi saya pikir, saya tidak akan bisa mencoba hal yang baru (karena hal itu). Saya ingin fokus dalam vokal saya dan ingin mempunyai daya tarik yang membuat saya populer juga. – Aneh rasanya mendengar seorang idol yang menguatirkan daya tarik yang membuatnya populer.
Q. Apakah Anda mengatakan bahwa sebelum ini Anda kurang mempunyai daya tarik populer?
TY. Ketika saya merilis album solo pertama di tahun 2010, saya sedang menyenangi musik underground R&B Amerika. Saya ingin membuat black music, seperti Frank Ocean, dengan menggunakan suara yang dingin dan gelap sebagai dasarnya. Saat saya mempersiapkan album (kedua) saya seperti itu, CEO mengatakan musik itu ‘kekurangan daya tarik’ (kurang laku di pasaran). Lagu-lagu yang saya buat sejak itu menjadi lagu-lagu yang sekarang ada di album baru saya ini. – Jadi itu alasannya butuh waktu empat tahun hingga album kedua ini dirilis… Album pertama Taeyang dipenuhi dengan lagu R&B dance dan electronic music soul, tapi album kedua Taeyang memiliki Britpop “This Ain’t It” dan juga membawa beragam jenis musik seperti “Stay With Me” yang menekankan kekuatan vokal dan slow-beat pop. Taeyang pun berkomentar, “Saya pikir saya bisa menciptakan feel yang berbeda jika saya membawakan Britpop, tapi saya tidak sepenuhnya puas.”

Q. G-Dragon seringkali lebih mendapatkan perhatian di dunia musik. Sebagai seorang solo artis, Anda tentunya memilik semacam ambisi.
TY.
Saya pikir itu karena Ji-Yong memiliki kesan yang kuat sebagai seorang produser. Saya sendiri lebih ke seorang performer. Saya memilik banyak kekhawatiran mengenai arah musik saya setelah album ini, tapi pada akhirnya saya hanyalah seseorang yang suka mengekspresikan musik melalui tarian dan nyanyian.
Q. Anda adalah satu-satunya anggota BIGBANG yang tidak muncul dalam dunia akting ataupun acara-acara variety.
TY.
Saya tidak pintar bermain kata dan saya juga pemalu. Ketika saya tidak sedang mempromosikan album, biasanya saya berada di studio. Ketika saya merasa bosan berada di studio, saya bersepeda di Sungai Han ataupun menonton film sendirian. Mungkin ini terkesan membosankan bagi orang lain, tapi bagi saya ini menyenangkan. – Mungkin wawancara ini terlalu canggung bagi Taeyang yang sudah delapan tahun bernyani ini. Ia terus-menerus mengusap lengan dengan tangannya sampai lengannya menjadi merah.
Q. Dibandingkan dulu, lagu-lagu baru BIGBANG berisikan suara-suara yang rumit dan sulit. Respon dari publik pun sepertinya sudah menurun.
TY. Benar. Kami juga khawatir akan hal itu. Sejak tiga tahun lalu, kami merasa kami sedang berada di titik balik. Tapi, kami tidak bisa merilis sesuatu yang tidak akan diterima publik. Selalu sulit untuk menemukan titik tengah antara sesuatu yang menarik bagi publik dan apa yang ingin kami lakukan.
Q. Adakah perubahan-perubahan yang terjadi sejak BIGBANG debut?
TY. Perusahaan (ini) sudah banyak berkembang. Saat kami debut, kami tidak mempunyai sistem training yang diorganisir atau dukungan seperti yang ada sekarang. Kami harus membuat lagu dan choreography kami sendiri. Pengalaman itu sendiri adalah aset kami sekarang.

Source: Chosun
English translation by xxxibeunjn
Indonesian translation by TaeyangINA

About TaeyangINA

Love & support Taeyang always
This entry was posted in Interview and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

