Taeyang on F.OUND Magazine #47

One, Two
TAEYANG
Album kedua Taeyang, “RISE”, sudah dirilis. Full album pertamanya “SOLAR” dirilis tahun 2010. Empat tahun sudah berganti, satu cinta itu sudah berganti.
인터뷰_태양_KMI_3237.jpg
Q. Bagaimana kabarmu?
TY. Belakangan ini?
Q. Hmm… Sampai saat ini?
TY. Oh… Selama empat tahun terakhir, aku sibuk dengan albumku.
Q. Bukankah kamu sempat jalan-jalan?
TY. Aku mengerjakan albumku dan juga melakukan perjalanan. Karena berjalan-jalan, aku pun bertemu dengan produser musik dan lagu-lagu pun muncul.

Q. Jadi bukan pergi untuk bertemu produser musik?
TY. Aku jalan-jalan sekaligus untuk bertemu dengan orang-orang. Aku rasa aku ingin membuat kembali album yang pada awalnya sudah aku suka itu. Jika aku berada di Korea, aku akan memikirkan hal-hal lain. Karena bepergian, aku merasa bebas dan berpikir untuk mengerjakannya. Aku tidak dibatasi dan aku bisa membuat apa yang ingin aku buat! Ya, tentu saja pada akhirnya prosesnya mengikuti proses semula, tapi dalam pengerjaannya sangatlah menyenangkan.
Q. Apakah kamu langsung terpikir untuk mengerjakan album kedua ini setelah selesai dengan semua kegiatan album pertama?
TY. Tidak. Pada masa “SOLAR”, banyak sekali masa-masa sulit. Sungguh sulit untuk membuat album seperti itu. Aku tidak tahu mengapa begitu, tapi aku merasa begitu pada saat itu. Aku tidak bisa mendengarkan albumku sendiri dari awal hingga akhir.
Q. Kenapa begitu?
TY. Kenangan masa itu yang selalu muncul di kepalaku adalah kenangan di masa betapa sulit dan bekerja keras dalam masa pengerjaannya. Aku tidak bisa mendengarkan lagu album itu sebagai musik. Tapi tentu saja itu adalah sebuah album yang sudah dibuat dengan baik. Tahun lalu, saya mencoba mendengarkan album ini dari awal hingga akhir, dan aku merasa seperti memulai hidup yang baru.
Q. Ini mengejutkan.
TY. Iya, kan?
Q. Aku pikir orang yang membuat albumnya pun akan menikmati album yang sangat bagus itu (“SOLAR”).
TY. Setiap kali mendengarnya, aku merasa sangat bahagia dan bangga. Aku sungguh bahagia. Tapi, karena aku menikmati mendengarkan lagu orang lain, aku tidak mendengarkan albumku sendiri. Sekarang sudah tidak seperti itu.
Q. Album kali ini pun tidak dirilis begitu saja dengan mudah, bukan?
TY. Benar.
Q. Kenapa? Karena apa kamu bisa menjadi senyaman ini?
TY. Daripada disebut nyaman… Semua yang sudah diberikan kepadaku saat ini, semua hal yang bisa kulakukan, sekarang aku sering berpikir untuk berkomitmen penuh pada hal-hal itu. Saat kegiatan album sebelumnya sudah selesai, aku berpikir, “Jika kesempatan seperti ini datang lagi, aku bisa membuat album (solo)ku lagi.” Sebenarnya, pembuatan album kali ini jauh lebih sulit daripada album sebelumnya. Aku tidak pernah ada pikiran untuk membuat album kedua. Saat aku pergi ke LA bersama Teddy-hyung, tidak sengaja kami mengunjungi studio Chris Brown. Di sana aku mendapatkan inspirasi yang besar. Metode mereka mengerjakan album jauh lebih bebas dan mereka mengerjakannya berdasarkan passion mereka. Melihat itu, aku pun berpikir, “Ah, aku juga ingin seperti itu…” hingga albumku rasanya meluap akan obsesi, aku bisa merasakan musik dari albumku. Walaupun begitu, aku harus kembali ke Korea untuk mengerjakan albumku. Saat Peejay-hyung datang bermain ke studio, “Intro” pun muncul. Mulai dari saat itu, keseluruhan musik dan arah dari album ini pun mulai muncul. “Rise” (intro album kedua) tidak hanya menjadi lagu pertama yang dibuat, tapi juga titik awal dari album ini.

Check out the scans by YBMania below. We will update with full interview once available.
*click picture for the full size*

Short interview taken from F.OUND Magazine official website
Indonesian translation by TaeyangINA
Scans by YBMania

About TaeyangINA

Love & support Taeyang always
This entry was posted in Interview, PHOTO and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

